kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 18:1-10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus ditangkap
18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai Kidron. Di situ ada suatu taman dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya. 18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit dan penjaga-penjaga Bait Allah yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata. 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, maju ke depan dan berkata kepada mereka: "Siapakah yang kamu cari?" 18:5 Jawab mereka: "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka: "Akulah Dia." Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka. 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah. 18:7 Maka Ia bertanya pula: "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka: "Yesus dari Nazaret." 18:8 Jawab Yesus: "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi." 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa." 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang, menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga kanannya. Nama hamba itu Malkhus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Kidron a brook and its valley,a brook and valley between Jerusalem and the Mt. of Olives
 · Malkhus a man who was the high priest's servant, and whose ear Peter cut off
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Yudas | Yesus Kristus | Yohanes, Injil | Yesus | Pelita | Taman | Mujizat Kristus | Anak Sungai | Getsemani | Suluh | Malkhus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Jerusalem: Yoh 18:3 - sepasukan prajurit Sebuah "kohort", sebagian dari pasukan Romawi yang ditempatkan di Yerusalem.

Sebuah "kohort", sebagian dari pasukan Romawi yang ditempatkan di Yerusalem.

Ende: Yoh 18:3 - Sepasukan pradjurit ialah seregu tentara Romawi jang mereka namakan "kohorte", jang berasrama di Jerusalem.

ialah seregu tentara Romawi jang mereka namakan "kohorte", jang berasrama di Jerusalem.

Ref. Silang FULL: Yoh 18:1 - sungai Kidron // suatu taman // taman itu · sungai Kidron: 2Sam 15:23 · suatu taman: Yoh 18:26; Mat 21:1; Mat 21:1 · taman itu: Mat 26:36

· sungai Kidron: 2Sam 15:23

· suatu taman: Yoh 18:26; Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

· taman itu: Mat 26:36

Ref. Silang FULL: Yoh 18:2 - dengan murid-murid-Nya · dengan murid-murid-Nya: Luk 21:37; 22:39

· dengan murid-murid-Nya: Luk 21:37; 22:39

Ref. Silang FULL: Yoh 18:3 - datanglah Yudas // orang-orang Farisi · datanglah Yudas: Kis 1:16 · orang-orang Farisi: Yoh 18:12

· datanglah Yudas: Kis 1:16

· orang-orang Farisi: Yoh 18:12

Ref. Silang FULL: Yoh 18:4 - menimpa diri-Nya // kamu cari · menimpa diri-Nya: Yoh 6:64; 13:1,11 · kamu cari: Yoh 18:7

· menimpa diri-Nya: Yoh 6:64; 13:1,11

· kamu cari: Yoh 18:7

Ref. Silang FULL: Yoh 18:5 - dari Nazaret · dari Nazaret: Mr 1:24; Mr 1:24

· dari Nazaret: Mr 1:24; [Lihat FULL. Mr 1:24]

Ref. Silang FULL: Yoh 18:7 - kamu cari · kamu cari: Yoh 18:4

· kamu cari: Yoh 18:4

Ref. Silang FULL: Yoh 18:9 - serahkan kepada-Ku · serahkan kepada-Ku: Yoh 6:39; Yoh 6:39

· serahkan kepada-Ku: Yoh 6:39; [Lihat FULL. Yoh 6:39]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 18:1 - -- 18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. ...

18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. Di situ ada suatu taman1201 dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

Sesuai dengan pembahasan pasal 14:31, tidak jelas apa mereka sudah berangkat dari ruangan atas itu pada saat pasal 14:31 diucapkan, atau keberangkatan mereka ditunda sampai ayat ini. Jika ditunda, maka ayat ini berkata mereka keluar dari ruangan atas itu, lalu menuju ke sungai Kidron. Jika mereka memang berangkat dari ruangan atas itu dalam 14:31, maka ayat ini menceritakan keberangkatan yang lain, yang tidak dirinci. Mungkin dari ruangan atas itu mereka pergi ke Bait Allah. Oleh karena pintu gerbang Bait Allah tetap terbuka pada malam pun setelah perayaan Paskah, maka mereka orang bebas masuk ke pelatarannya. Jadi ayat ini dapat menceritakan keberangkatan dari pelataran Bait Allah. Mungkin juga mereka keluar dari benteng kota Yerusalem.

Kota Yerusalem tidak besar dibanding dengan ukuran kota zaman ini, dan Lembah Kidron merupakan batas timur dari kota itu, sehingga perjalanan mereka tidak jauh, dan mungkin hanya makan waktu setengah jam.

Hagelberg: Yoh 18:1-11 - -- 1. Yesus ditangkap (18:1-11) Yohanes menekankan kuasa Tuhan Yesus, misalnya bagaimana mereka rebah pada waktu Dia mengucapkan ungkapan "Akulah Dia". D...

1. Yesus ditangkap (18:1-11)

Yohanes menekankan kuasa Tuhan Yesus, misalnya bagaimana mereka rebah pada waktu Dia mengucapkan ungkapan "Akulah Dia". Dia tidak menceritakan doa Tuhan Yesus di taman Getsemani dan segala pergumulannya, ataupun penyembuhan telinga Malkhus.

Hagelberg: Yoh 18:1 - -- 18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. ...

18:1 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ke seberang sungai1200 Kidron. Di situ ada suatu taman1201 dan Ia masuk ke taman itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

Sesuai dengan pembahasan pasal 14:31, tidak jelas apa mereka sudah berangkat dari ruangan atas itu pada saat pasal 14:31 diucapkan, atau keberangkatan mereka ditunda sampai ayat ini. Jika ditunda, maka ayat ini berkata mereka keluar dari ruangan atas itu, lalu menuju ke sungai Kidron. Jika mereka memang berangkat dari ruangan atas itu dalam 14:31, maka ayat ini menceritakan keberangkatan yang lain, yang tidak dirinci. Mungkin dari ruangan atas itu mereka pergi ke Bait Allah. Oleh karena pintu gerbang Bait Allah tetap terbuka pada malam pun setelah perayaan Paskah, maka mereka orang bebas masuk ke pelatarannya. Jadi ayat ini dapat menceritakan keberangkatan dari pelataran Bait Allah. Mungkin juga mereka keluar dari benteng kota Yerusalem.

Kota Yerusalem tidak besar dibanding dengan ukuran kota zaman ini, dan Lembah Kidron merupakan batas timur dari kota itu, sehingga perjalanan mereka tidak jauh, dan mungkin hanya makan waktu setengah jam.

Hagelberg: Yoh 18:1--19:42 - -- E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

E. Pemeriksaan, Pengadilan dan Penderitaan Yesus (18:1-19:42)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 18:2 - -- 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya. Mereka sering berkumpul di si...

18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.

Mereka sering berkumpul di situ jika mereka berada di Yerusalem. Ini sesuai dengan catatan yang terdapat dalam Lukas 22:39. Dapat diduga bahwa Yudas hanya dapat memberitakan kepada para pemimpin agama Yahudi bahwa di tempat itu Tuhan Yesus sering berkumpul dengan murid-murid-Nya.

Carson1202 menjelaskan bahwa menurut adat Yahudi mereka wajib tetap tinggal dekat kota Yerusalem pada malam Paskah itu. Ternyata Getsemani cukup dekat, tetapi Betania, di mana mereka biasa bermalam, di luar batas yang diperbolehkan oleh adat Yahudi.

Tampaknya Yudas dan para pemimpin memilih waktu dan tempat itu karena memungkinkan pengkhianatan yang lancar dan aman. Situasinya sepi, dan jauh dari khalayak yang mungkin melawan mereka secara spontan.

Hagelberg: Yoh 18:2 - -- 18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya. Mereka sering berkumpul di si...

18:2 Yudas, yang mengkhianati Yesus, tahu juga tempat itu, karena Yesus sering berkumpul di situ dengan murid-murid-Nya.

Mereka sering berkumpul di situ jika mereka berada di Yerusalem. Ini sesuai dengan catatan yang terdapat dalam Lukas 22:39. Dapat diduga bahwa Yudas hanya dapat memberitakan kepada para pemimpin agama Yahudi bahwa di tempat itu Tuhan Yesus sering berkumpul dengan murid-murid-Nya.

Carson1202 menjelaskan bahwa menurut adat Yahudi mereka wajib tetap tinggal dekat kota Yerusalem pada malam Paskah itu. Ternyata Getsemani cukup dekat, tetapi Betania, di mana mereka biasa bermalam, di luar batas yang diperbolehkan oleh adat Yahudi.

Tampaknya Yudas dan para pemimpin memilih waktu dan tempat itu karena memungkinkan pengkhianatan yang lancar dan aman. Situasinya sepi, dan jauh dari khalayak yang mungkin melawan mereka secara spontan.

Hagelberg: Yoh 18:3 - -- 18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-o...

18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata.

Si pengkhianat menuntun sepasukan prajurit (serta komandan mereka, menurut ayat 12) dan juga penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap Tuhan Yesus. Dengan demikian seluruh dunia (Yahudi dan bukan Yahudi) diwakili melawan Tuhan Yesus.

Biasanya pasukan Roma yang tidak sedang bertugas ditempatkan di Kaisarea, tetapi pada waktu hari raya mereka ditugaskan di Yerusalem, karena kota itu selalu ramai dan penuh dengan peziarah. Garnisun khusus itu ditempatkan di benteng Antonia, pas di luar pojok barat laut pelataran Bait Allah.

Walaupun mereka bemusuhan, imam-imam kepala1205 dan orang-orang Farisi1206 disebutkan bersama-sama dalam pasal 7:32, 45; 11:47 dan 57. Sementara ini mereka rela mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka untuk melawan Tuhan Yesus.1207

Memang malam itu bulan purnama, tetapi mereka segan keluar kota ke lereng bukit Zaitun mencari-cari seseorang tanpa lentera dan suluh. Mungkinkah Yohanes menyebutkan lentera dan suluh mereka untuk menekankan gelapnya malam itu, ataupun sebagai kiasan terang palsu yang melawan Terang yang benar?

Hagelberg: Yoh 18:3 - -- 18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-o...

18:3 Maka datanglah Yudas juga ke situ dengan sepasukan prajurit1203 dan penjaga-penjaga Bait Allah1204 yang disuruh oleh imam-imam kepala dan orang-orang Farisi lengkap dengan lentera, suluh dan senjata.

Si pengkhianat menuntun sepasukan prajurit (serta komandan mereka, menurut ayat 12) dan juga penjaga-penjaga Bait Allah untuk menangkap Tuhan Yesus. Dengan demikian seluruh dunia (Yahudi dan bukan Yahudi) diwakili melawan Tuhan Yesus.

Biasanya pasukan Roma yang tidak sedang bertugas ditempatkan di Kaisarea, tetapi pada waktu hari raya mereka ditugaskan di Yerusalem, karena kota itu selalu ramai dan penuh dengan peziarah. Garnisun khusus itu ditempatkan di benteng Antonia, pas di luar pojok barat laut pelataran Bait Allah.

Walaupun mereka bemusuhan, imam-imam kepala1205 dan orang-orang Farisi1206 disebutkan bersama-sama dalam pasal 7:32, 45; 11:47 dan 57. Sementara ini mereka rela mengesampingkan perbedaan-perbedaan mereka untuk melawan Tuhan Yesus.1207

Memang malam itu bulan purnama, tetapi mereka segan keluar kota ke lereng bukit Zaitun mencari-cari seseorang tanpa lentera dan suluh. Mungkinkah Yohanes menyebutkan lentera dan suluh mereka untuk menekankan gelapnya malam itu, ataupun sebagai kiasan terang palsu yang melawan Terang yang benar?

Hagelberg: Yoh 18:4 - -- 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?" Dalam pasal 10:17-18 Tuh...

18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"

Dalam pasal 10:17-18 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." Tema ini, bahwa dengan kesadaran penuh dan dengan sengaja Dia memberikan diri-Nya sebagai korban, cukup jelas dalam ketiga Injil Sinoptik, dan sangat jelas dalam Injil Yohanes. Dalam Pesan Perpisahan-Nya Dia sering mengatakan ucapan seperti "Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi" (pasal 14:29). Dalam ayat ini Dia keluar sendiri, tidak diseret keluar.1209 Kedaulatan-Nya nyata. Dia bertindak.

Dalam Lukas 22:53 Dia berkata, "Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu", tetapi Yohanes tidak mencatat ucapan itu, mungkin untuk menjaga tekanan pada kedaulatan Tuhan Yesus.

Mungkinkah Dia bertanya, Siapakah yang kamu cari? untuk mengetengahkan identitas diri-Nya?

Ciuman Yudas, yang diceritakan dalam ketiga Injil Sinoptik, tidak disebutkan oleh Yohanes. Dalam Injil Yohanes peranan Tuhan Yesus lebih aktif, Dia menantang mereka, sehingga kedaulatan-Nya lebih nyata.

Hagelberg: Yoh 18:4 - -- 18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?" Dalam pasal 10:17-18 Tuh...

18:4 Maka Yesus, yang tahu semua yang akan menimpa diri-Nya, keluar1208 dan berkata kepada mereka, "Siapakah yang kamu cari?"

Dalam pasal 10:17-18 Tuhan Yesus berkata, "...Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali. Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku." Tema ini, bahwa dengan kesadaran penuh dan dengan sengaja Dia memberikan diri-Nya sebagai korban, cukup jelas dalam ketiga Injil Sinoptik, dan sangat jelas dalam Injil Yohanes. Dalam Pesan Perpisahan-Nya Dia sering mengatakan ucapan seperti "Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi" (pasal 14:29). Dalam ayat ini Dia keluar sendiri, tidak diseret keluar.1209 Kedaulatan-Nya nyata. Dia bertindak.

Dalam Lukas 22:53 Dia berkata, "Tetapi inilah saat kamu, dan inilah kuasa kegelapan itu", tetapi Yohanes tidak mencatat ucapan itu, mungkin untuk menjaga tekanan pada kedaulatan Tuhan Yesus.

Mungkinkah Dia bertanya, Siapakah yang kamu cari? untuk mengetengahkan identitas diri-Nya?

Ciuman Yudas, yang diceritakan dalam ketiga Injil Sinoptik, tidak disebutkan oleh Yohanes. Dalam Injil Yohanes peranan Tuhan Yesus lebih aktif, Dia menantang mereka, sehingga kedaulatan-Nya lebih nyata.

Hagelberg: Yoh 18:5 - -- 18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama merek...

18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.

Nama Yesus, yaitu nama Yosua dalam bahasa Aram, cukup sering dipakai oleh masyarakat, sehingga mereka harus menjelaskan lebih lanjut. Mereka tidak dapat menjawab "Yesus Kristus", karena mereka tidak percaya bahwa Dia adalah Mesias. Oleh karena itu, maka julukan Yesus dari Nazaret masuk akal.

Ungkakapn Akulah Dia dipakai tiga kali dalam peristiwa ini. Kita mengerti bahwa tidak kebetulan Dia memakai ungkapan yang begitu erat kaitannya dengan nama Allah.

Beberapa jam yang lalu Ia mencelupkan sebuah pecahan roti dan memberikannya kepada Yudas. Sekali lagi mereka bertemu, yang satu menyatakan diri-Nya sebagai Allah, yang satu jelas pengkhianat.

Hagelberg: Yoh 18:5 - -- 18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama merek...

18:5 Jawab mereka, "Yesus dari Nazaret." Kata-Nya kepada mereka, "Akulah Dia."1210 Yudas yang mengkhianati Dia berdiri juga di situ bersama-sama mereka.

Nama Yesus, yaitu nama Yosua dalam bahasa Aram, cukup sering dipakai oleh masyarakat, sehingga mereka harus menjelaskan lebih lanjut. Mereka tidak dapat menjawab "Yesus Kristus", karena mereka tidak percaya bahwa Dia adalah Mesias. Oleh karena itu, maka julukan Yesus dari Nazaret masuk akal.

Ungkakapn Akulah Dia dipakai tiga kali dalam peristiwa ini. Kita mengerti bahwa tidak kebetulan Dia memakai ungkapan yang begitu erat kaitannya dengan nama Allah.

Beberapa jam yang lalu Ia mencelupkan sebuah pecahan roti dan memberikannya kepada Yudas. Sekali lagi mereka bertemu, yang satu menyatakan diri-Nya sebagai Allah, yang satu jelas pengkhianat.

Hagelberg: Yoh 18:6 - -- 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah. Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundu...

18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.

Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundur dan jatuh ke tanah. Mungkinkah sebabnya kuasa yang ajaib dalam perkataan Tuhan Yesus, ataukah wibawa-Nya dalam situasi yang menakutkan orang biasa, ataukah kebingungan sementara yang mereka alami karena Dia memakai ungkapan Akulah Dia? Yohanes tidak menjelaskan hal itu, tetapi yang jelas adalah bahwa saat itu Tuhan Yesus berkesempatan untuk menyelamatkan diri-Nya dari bahaya, tetapi Dia tidak mengambil kesempatan itu. Dia hanya tetap berdiri dan mengulangi pertanyaan-Nya. Dia siap ditangkap untuk dikorbankan. Kedaulatan-Nya nyata.

Hagelberg: Yoh 18:6 - -- 18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah. Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundu...

18:6 Ketika Ia berkata kepada mereka: "Akulah Dia," mundurlah mereka dan jatuh ke tanah.

Raulus Yohanes tidak menjelaskan apakah sebabnya mereka mundur dan jatuh ke tanah. Mungkinkah sebabnya kuasa yang ajaib dalam perkataan Tuhan Yesus, ataukah wibawa-Nya dalam situasi yang menakutkan orang biasa, ataukah kebingungan sementara yang mereka alami karena Dia memakai ungkapan Akulah Dia? Yohanes tidak menjelaskan hal itu, tetapi yang jelas adalah bahwa saat itu Tuhan Yesus berkesempatan untuk menyelamatkan diri-Nya dari bahaya, tetapi Dia tidak mengambil kesempatan itu. Dia hanya tetap berdiri dan mengulangi pertanyaan-Nya. Dia siap ditangkap untuk dikorbankan. Kedaulatan-Nya nyata.

Hagelberg: Yoh 18:7-8 - -- 18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika A...

18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi."

Tuhan Yesus sudah mengerti siapakah yang mereka cari, namun Dia mengulangi pertanyaan ini untuk menyatakan bahwa Dia tidak hendak melarikan diri, dan juga sebagai peralihan pada permintaan-Nya supaya murid-murid-Nya bebas pergi.

Hagelberg: Yoh 18:7-8 - -- 18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika A...

18:7-8 Maka Ia bertanya pula, "Siapakah yang kamu cari?" Kata mereka, "Yesus dari Nazaret." Jawab Yesus, "Telah Kukatakan kepadamu, Akulah Dia. Jika Aku yang kamu cari, biarkanlah mereka ini pergi."

Tuhan Yesus sudah mengerti siapakah yang mereka cari, namun Dia mengulangi pertanyaan ini untuk menyatakan bahwa Dia tidak hendak melarikan diri, dan juga sebagai peralihan pada permintaan-Nya supaya murid-murid-Nya bebas pergi.

Hagelberg: Yoh 18:9 - -- 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiar...

18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa."

Firman yang dimaksudkan adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri, yang dicatat dalam pasal 17:12. (Lihat juga 6:39 dan 10:28.) Namun ada masalah dalam ayat ini, karena baik ayat ini maupun pasal 17:12 merujuk pada keselamatan kekal yang disediakan oleh Tuhan Yesus Kristus, sedangkan peristiwa yang tercatum dalam ayat 8 adalah peristiwa keselamatan jasmani dari bahaya jasmani. Menurut Carson1212 dan Barrett1213 keselamatan jasmani yang dikisahkan dalam nas ini merupakan suatu perumpamaan yang diperagakan yang mengilustrasikan keselamatan rohani yang akan diperoleh sebentar lagi.

Hagelberg: Yoh 18:9 - -- 18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiar...

18:9 Demikian hendaknya supaya genaplah1211 firman yang telah dikatakan-Nya: "Dari mereka yang Engkau serahkan kepada-Ku, tidak seorangpun yang Kubiarkan binasa."

Firman yang dimaksudkan adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri, yang dicatat dalam pasal 17:12. (Lihat juga 6:39 dan 10:28.) Namun ada masalah dalam ayat ini, karena baik ayat ini maupun pasal 17:12 merujuk pada keselamatan kekal yang disediakan oleh Tuhan Yesus Kristus, sedangkan peristiwa yang tercatum dalam ayat 8 adalah peristiwa keselamatan jasmani dari bahaya jasmani. Menurut Carson1212 dan Barrett1213 keselamatan jasmani yang dikisahkan dalam nas ini merupakan suatu perumpamaan yang diperagakan yang mengilustrasikan keselamatan rohani yang akan diperoleh sebentar lagi.

Hagelberg: Yoh 18:10 - -- 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216...

18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216 Nama hamba itu Malkhus.1217

Usaha yang sia-sia ini menyatakan bahwa Petrus masih tidak mengerti apa yang sedang terjadi di kebun pohon zaitun, sama seperti dia tidak mengerti penjelasan Tuhan Yesus sebelumnya, misalnya dalam Markus 8:31-33.

Keempat Injil menceritakan peristiwa ini, tetapi hanya Injil Yohanes memberi nama Petrus dan Malkhus.1218

Hagelberg: Yoh 18:10 - -- 18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216...

18:10 Lalu Simon Petrus, yang membawa pedang,1214 menghunus pedang itu, menetakkannya kepada hamba Imam Besar dan memutuskan telinga1215 kanannya.1216 Nama hamba itu Malkhus.1217

Usaha yang sia-sia ini menyatakan bahwa Petrus masih tidak mengerti apa yang sedang terjadi di kebun pohon zaitun, sama seperti dia tidak mengerti penjelasan Tuhan Yesus sebelumnya, misalnya dalam Markus 8:31-33.

Keempat Injil menceritakan peristiwa ini, tetapi hanya Injil Yohanes memberi nama Petrus dan Malkhus.1218

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 18:1-12 - Penangkapan Kristus Sampai sekarang, penulis Injil ini tidak banyak mencatat tentang riwayat Kristus. Ia sekadar mencatat apa yang dibutuhkan untuk memperkenalkan pem...

SH: Yoh 18:1-27 - Pemimpin sejati (Rabu, 31 Maret 1999) Pemimpin sejati Kristus bukan tipe pemimpin yang egois, karena di saat yang mengancam diri-Nya, Ia tidak berusaha menyelamatkan diri-Nya se...

SH: Yoh 18:1-11 - Reaksi Yesus ketika ditangkap (Senin, 25 Maret 2002) Reaksi Yesus ketika ditangkap Yohanes membuat lukisan yang berbeda dari catatan Injil sinoptis tentang penangkapan Yesus. Ia tidak mencatat tent...

SH: Yoh 18:1-14 - Yesus menyerahkan diri (Senin, 10 April 2006) Yesus menyerahkan diri Pada perikop ini, Yohanes menceritakan penangkapan Yesus, proses pengadilan yang mencapai puncaknya pada penjatuhan hukuman...

SH: Yoh 18:1-11 - Penggenapan panggilan Yesus (Senin, 17 Maret 2008) Penggenapan panggilan Yesus Waktu-Nya sudah tiba. Peristiwa penyaliban Yesus sudah di depan mata. Detik-detik penderitaan yang Dia tanggung seba...

SH: Yoh 18:1-11 - Sangat penting bagi dunia (Sabtu, 12 April 2014) Sangat penting bagi dunia Sebelumnya, Yesus selalu menghindar dari orang-orang yang berusaha menangkap Dia karena waktunya belum tiba (Yoh. 10:39-40,...

SH: Yoh 18:1-38 - Baca Gali Alkitab 7 (Selasa, 15 April 2014) Baca Gali Alkitab 7 Apa saja yang Anda baca? 1. Mengapa Yudas mengetahui tempat di mana ia dapat menemui Yesus? (3) 2. Apa yang dikatakan ayat 4 me...

SH: Yoh 18:1-11 - Menepati Kata-kata (Minggu, 28 Maret 2021) Menepati Kata-kata Seperti apa rasanya ketika ada orang yang tidak menepati kata-katanya kepada kita? Bisa jadi, mulai dari sebal hingga marah. "Kata...

Utley: Yoh 18:1-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 18:1-111 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu keluarlah Ia dari situ bersama-sama dengan murid-murid-Nya dan mereka pergi ...

Topik Teologia: Yoh 18:8 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus

Topik Teologia: Yoh 18:9 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan Dia Mem...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA